Sabtu, 12 Juni 2010

Lulusan SMA

LULUSAN SMA

SMA merupakan tingkat sekolah yang paling atas dalam dunia pendidikan. Mereka merupakan generasi penerus negeri kita yang sangat kita banggakan. Dari lulusan SMA bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu, sekolah dibangku kuliah. Yang tentunya akan lebih luas wawasannya dibanding dengan Sekolah Tingkat Atas (SMA) dan juga yang langsung terjun kedunia kerja. Itu semua tergantung dari kemampuan masing-masing murid.

Kita mengetahui tahun ini banyak murid tingkat atas yang tidak lulus dalam ujian nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan dalam mengevaluasi anak selama duduk dibangku sekolah. Jika banyak generasi kta yang tidak lulus dalam ujian, bagaimana nasib Negara ini? Mau dibawa kemana Negara kita?

Dari tahun – ke tahun standar nilai kelulusan semakin naik untuk menciptakan generasi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terdapat beberapa kemungkinan dalam kelulusan tahun ini. Pertama, mungkin standar nilai kelulusan terlalu tinggi sehingga muridtidak dapat mencapainya. Kedua, bias juga karena anak tersebut kurang dalam memahami soal-soal ujian tersebut. Ketiga, dapat juga pihak sekolah tidak memberikan pemdalaman materi ujian agar murid tidak kaget saat menjalani ujian nasional dan masih ada lagi kemungkinan yang terjadi dari pihak internal dan eksternal dari sekolah.

Lebih baik mana murid lulus dengan nilai tinggi tetapi tidak jujur dengan murid yang tidak lulus tetapi jujur? Semua itu dapat di jawab tergantung persepsi dan pengetahuan masing-masing diri seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar